Jumat, 04 November 2011

Keluarga :)

   Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri atas kepala keluaga dan beberapa orang yang berkumpul dan bertempat tinggal di suatu dalam suatu atap(rumah) yang saling ketergantungan.

    Keluarga itu terbentuk karna adanya persatuan hubungan antara induvidau satu dengan induvidu lainnya, yang kedua-duanya berprinsip atau ingin hidup bersama dan menghasilkan anggota-anggota baru, dari bersatunya dua induvidu itu , yaitu bersatunya ayah dan ibu yang menghasilkan anak.

    Keluarga itu sendiri sangat berguna untuk menjalani hidup bersama dengan orang- orang yang kita sayangi, karna manusia pada dasarnya saling membutuhkan dan saling melengkapi, karna tiap manusia mempunyai jodoh masing-masing yang tujuannya untuk saling berbagi dalam suka ataupun duka, yang saling menemani dan saling menjaga dalam kehidupanya, sampai mereka dipisahkan oleh sang pencipta atau Tuhan. Dan dalam membentuk suatu tatanan dalam ruang lingkup mereka harus menjalaninya satu sama lain tanpa ada paksaan atau tekanan karna itu sudah menjadi kesepakatan, yang berasal dari Ayah dan Ibu yang ditunjukan pada diri mereka sendiri dan anaknya.

   Dan keluarga sangat sangat penting bagi hidup ini karna keluerga lah yang akan pertama kali mensuport kita jika kita dalam keadaan down atau terpuruk,keluarga lah yang tau apa yang kita butuh kan untuk menjalani hidup ini, keluarga lah yang menemani kehidupan ini setiap hari,keluarga lah yang motivator yang paling baik dari motivator yang ada,dan yang paling penting kita ada karna adanya suatu keluarga yang baik.
Fungsi Keluarga Ada beberapa fungsi yang dapat dijalankan keluarga, sebagai berikut :

1. Fungsi Pendidikan. Dalam hal ini tugas keluarga adalah mendidik dan menyekolahkan anak untuk mempersiapkan kedewasaan dan masa depan anak bila kelak dewasa.

2. Fungsi Sosialisasi anak. Tugas keluarga dalam menjalankan fungsi ini adalah bagaimana keluarga mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang baik.

3. Fungsi Perlindungan. Tugas keluarga dalam hal ini adalah melindungi anak dari tindakan-tindakan yang tidak baik sehingga anggota keluarga merasa terlindung dan merasa aman.

4. Fungsi Perasaan. Tugas keluarga dalam hal ini adalah menjaga secara instuitif merasakan perasaan dan suasana anak dan anggota yang lain dalam berkomunikasi dan berinteraksi antar sesama anggota keluarga. Sehingga saling pengertian satu sama lain dalam menumbuhkan keharmonisan dalam keluarga.

5. Fungsi Religius. Tugas keluarga dalam fungsi ini adalah memperkenalkan dan mengajak anak dan anggota keluarga yang lain dalam kehidupan beragama, dan tugas kepala keluarga untuk menanamkan keyakinan bahwa ada keyakinan lain yang mengatur kehidupan ini dan ada kehidupan lain setelah di dunia ini.

6. Fungsi Ekonomis. Tugas kepala keluarga dalam hal ini adalah mencari sumber-sumber kehidupan dalam memenuhi fungsi-fungsi keluarga yang lain, kepala keluarga bekerja untuk mencari penghasilan, mengatur penghasilan itu, sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi rkebutuhan-kebutuhan keluarga.

7. Fungsi Rekreatif. Tugas keluarga dalam fungsi rekreasi ini tidak harus selalu pergi ke tempat rekreasi, tetapi yang penting bagaimana menciptakan suasana yang menyenangkan dalam keluarga sehingga dapat dilakukan di rumah dengan cara nonton TV bersama, bercerita tentang pengalaman masing-masing, dsb.

8. Fungsi Biologis. Tugas keluarga yang utama dalam hal ini adalah untuk meneruskan keturunan sebagai generasi penerus.

9. Memberikan kasih sayang,perhatian,dan rasa aman diaantara keluarga, serta membina pendewasaan kepribadian anggota keluarga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar